logo blog

Membuat Tambah,Simpan, Edit, Hapus menggunakan Delphi 2007

Membuat Tambah,Simpan, Edit, Hapus menggunakan Delphi 2007

Nano Informatika - Delphi 2007 adalah produk dari perusahaan ternama Borland. Aplikasi ini memang sudah lama dan ketinggalan jaman tapi tidak dapat dipungkiri keberadaanya masih dibutuhkan oleh perusahaan ataupun lembaga terkait. Delphi 2007 adalah aplikasi pembuat program berbasis desktop.

Program buatan delphi 2007 tidak kalah dengan program dari aplikasi lain karena fitur - fiturnya sudah cukup lengkap dan yang paling penting bisa untuk pembuatan tambah, simpan, edit dan hapus. Empat hal ini sangat penting untuk pembuatan sebuah program yang ada di perusahaan atau toko - toko.

Dalam postingan kali ini saya akan mengulas pembuatan tambah, simpan, edit dan hapus menggunakan Delphi 2007. Untuk membuat empat hal tersebut siapkan terlebih dahulu komponen MyQuery (Untuk database MySQL) dan AdoQuery (Untuk database Microsoft Access).

  • Coding Tambah
Coding ini biasanya digunakan untuk mengganti no identitas dari suatu form dan untuk memulai penginputan data baru.
MyQuery.Append;
AdoQuery.Append;
  • Coding Simpan
Coding ini digunakan untuk menyimpan sebuah data yang telah kita isikan pada sebuah form. Mekanismenya berjalan setelah kita meng - klik button tambah.

MyQuery.Post;
Aod.Query.Post;
  • Coding Edit
Coding ini digunakan untuk meng edit data yang salah ketika sudah disimpan.
MyQuery.Edit;
AdoQuery.Edit;
  • Coding Hapus
Coding ini digunakan ketika kita ingin menghapus data yang sudah tidak dipakai lagi atau data pegawai yang telah keluar.
MyQuery.Delete;
AdoQuery.Delete;
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel sederhana diatas jika ada kurang atau saran saya tunggu di kolom komentar dan jangan lupa baca juga Cara Menghubungkan Program dengan Database

Share this:

Enter your email address to get update from Nano Informatika.

No comments

Berkomentarlah dengan bijak dan utamakan sesuai dengan topik artikel

Powered by Blogger.
Copyright © 2015. Nano Informatika - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger