logo blog

Perancangan Sistem Basis Data Restaurant

Perancangan Sistem Basis Data Restaurant

Nano Informatika - Jaman semakin cangih semua pekerjaan bisa dilakukan dengan cepat dan praktis. Teknologi sudah merasuk ke celah celah kecil perusahaan, berbagai macam usaha administrasinya sudah menggunakan  kecanggihan sebuah program. Program ini dapat membantu kerja seorang kasir untuk memasukan sebuah data. Tidak kalah dengan usaha - usaha besar restaurant berskala kecil pun sudah menggunakan aplikasi untuk melakukan pemesanan makanan dan minuman.

Topik yang saya bahas ini tidak jauh - jauh dari restaurant. Mungkin bagi yang memiliki tugas atau skirpsi yang berhubungan sistem basis data restaurant dapat membantu dalam proses pengerjannya. Output aplikasi nanti jika sudah selesai untuk melakukan pemesanan makanan dan minuman secara praktis.

Seperti biasa sebelum membuat sebuah aplikasi pasti kita merencanakan terlebih dahulu sistem basis datanya akan dibuat seperti apa. Menentukan field adalah langkah pertama sebelum membuat database. Jika output aplikasi untuk pemesanan makanan field yang dibutuhkan seperti nama menu, harga, dan jumlah makanan.

Setelah field sudah beres, menentukan master data. Ada tiga master data yang diperlukan yaitu tabel pegawai, tabel Menu dan tabel transaksi. Yang nantinya tabel pegawai dan tabel menu dihubungan one to many ke tabel transaksi.


Untuk type data jika Anda membuat aplikasi untuk belajar saran saya gunakan type varchar karena type ini mudah untuk dipahami. 

Terimakasi sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel sederhana ini, jika ada kesalahan atau kurang ada suatu hal yang kurang dimengerti saya tunggu dikolom komentar. Dan jangan lupa baca juga Perancangan Sistem Basis Data KUA

Share this:

Enter your email address to get update from Nano Informatika.

No comments

Berkomentarlah dengan bijak dan utamakan sesuai dengan topik artikel

Powered by Blogger.
Copyright © 2015. Nano Informatika - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger